Jurnal Pendidikan "EDUKASIA MULTIKULTURA"
Vol 4, No 1 (2022): Februari

ALIRAN PROGRESIVISME, ALIRAN ESENSIALISME, DAN ALIRAN PERENEALISME DALAM PENDIDIKAN

Anisyah Rahmadania (UIN FAS Bengkulu)
A. Suradi (UIN FAS Bengkulu)
Nopian Gustari (UIN FAS Bengkulu)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2022

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui aliran yang terdapat dalam filsafat pendidikan Ada beberapa aliran filsafat yang digunakan dalam dunia pendidikan. Diantaranya yaitu, aliran progresivisme, aliran esensialisme, dan aliran perenealisme. Landasan filsafat yang digunakan menjadi pemikiran menarik karena dengan landasan filsafat yang jelas maka arah dan tujuan pendidikan menjadi jelas. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif- analitis dengan model kajian pustaka untuk menganalisis aliran yang terdapat dalam filsafat pendidikan Masalah pendidikan tidak dapat dipecahkan  hanya dengan menggunakan  metode ilmiah semata, akan tetapi untuk memecahkan masalah pendidikan seseorang harus menggunakan analisis filsafat. Penelitian ini membahas pengertian, sifat, prinsip-prinsip, ciri-ciri, dan pandangan dari aliran yang terdapat dalam filsafat pendidikan (aliran progresivisme, aliran esensialisme, dan aliran perenealisme).Kata Kunci : Filsafat Pendidikan, Progresivisme, Esensialisme, Perenealisme

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

multikultura

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Journal Pendidikan “EDUKASIA MULTIKULTURA” is a peer-reviewed journal that concerns with the field of Education under various topic etc. Philosophy, Curriculum, Methode, Sociology The article may be written with two types; research and conceptual idea. The research comprises scholarly reports ...