Social Pedagogy: Journal of Social Science Education
Vol 3 No 2 (2022): Social Pedagogy: Journal of Social Science Education

SEJARAH MODERASI BERAGAMA DI INDONESIA

Sri Wahyuni (Unknown)
Riska Dwi Lestari (Unknown)
Nahrul Mukholidah (Unknown)
Ratna Sari (Unknown)
Arif Rochman (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2023

Abstract

Sikap moderat sering di asosiasikan dengan usaha merajut kembali ke hubungan antara manusia yang telat hidup dalam suasana yang beragama dan juga penuh dengan keragaman sosial. Ada sebuah kesadaran umum yang muncul dikalangan milenial, membutuhkan sikap yang lembut dan keragaman, realitas keberagaman suku, baik dari segi ras, agama dan, budaya, orientasi politik. Oleh karena itu, sikap moderasi beragama dalam konteks indonesia. Moderasi ajaran Islam sejatinya sesuai dengan misi agama islam yang bersifat Rahmatan lil ‘Alamin, hal tersebut ditunjukan dengan ajaran agama Islam berupa larangan berbuat zalim kepada orang lain. Maka Islam mengamini sikap anti kekerasan dalam bersikap dalam bergaul di kalangan masyarakat, memahami dan menerima perbedaan yang mungkin terjadi, mengutamakan kontekstualisasi ajaran agama dalam memaknai ayat Ilahiyah, menggunakan istinbath hukum untuk menerapkan hukum yang aktual di masyarakat serta menggunakan pendekatan sains dan teknologi guna membenarkan dan mengatasi dinamika persoalan yang muncul di masyarakat Indonesia.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

social-pedagogy

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Scope Artikel yang akan dipublikasikan merupakan hasil penelitian dan pengembangan yang di lakukan oleh dosen, guru, dan mahasiswa dalam bidang: Studi Sosial/ Pendidikan IPS Kajian Pendidikan Kewarganegaraan Kajian Pendidikan Sejarah Kajian Pendidikan Ekonomi Kajian Pendidikan Geografi Kajian ...