Pemberian stimulus untuk anak usia dini dalam peningkatan perkembangan seni anak tentunya dengan kegiatan bermain yang menyenangkan yang dapat mempengaruhi seluruh aspek perkembangan anak. Melalui aktifitas seni yang mampu meningkatkan daya cipta kreatifitas anak yang bersifat alami dan individual. Anak dapat mengeluarkan ide-ide yang dimiliki dengan metode ATIK (Amati-Tiru-Kerjakan) saat melakukan membuat seni jenis serangga hewan kepik dengan melipat kertas origami pada sekolah TK AJ, Harjamukti Kota Depok, Jawa Barat. Melipat dapat meningkatkan motorik halus anak yang dapat menghasilkan seni kemampuan anak berdasarkan ide-ide kreativitas yang mereka miliki diusia mereka bersekolah di TK. Untuk memperoleh data dipergunakan instrumen Hasil belajar dan instrument observasi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah model Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dengan keberhasilan belajar melalui 3 siklus. Pra siklus peningkatan belajar yang tuntas senilai 20%, siklus I ketuntasan belajar mencapai 53%, siklus II mengalami peningkatan ketuntasan belajar menjadi 87%, dan siklus III sudah mencapai 93%. Peningkatkan kemampuan seni pada anak kelompok B usia 5-6 melalui permainan kreatif melipat origami hewan kepik telah berhasil dengan baik.
Copyrights © 2023