Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis adanya pengaruh variabel (1) motivasi terhadap kinerja guru, (2) disiplin terhadap kinerja guru, (3) budaya organisasi terhadap kinerja guru, dan (4) motivasi, disiplin, motivasi kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru. Responden penelitian adalah guru Sekolah Dasar Negeri di Kota Pekanbaru yang berjumlah 3454 orang dengan sampel 97. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket sebagai instrumen penelitian. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis statistik inferensial dan pengujian hipotesis. Koefisien reliabilitas instrumen dihitung menggunakan rumus alpha cronbach. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan motivasi terhadap kinerja guru sebesar 0,028, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan disiplin terhadap kinerja guru sebesar 0,017, dan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan budaya organisasi terhadap kinerja guru sebesar 0,029. Sedangkan secara bersama-sama terdapat pengaruh motivasi, disiplin, budaya organisasi terhadap kinerja guru sebesar 0,000.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023