Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 9, No 1 (2023): January 2023

Efek Psikologis Pembelajaran Homeschooling dalam Penerapan Teori Sosial Kognitif dan Konstruktivisme

Akbar Nur Aziz (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)
Azam Syukur Rahmatullah (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)
Titi Anjasari (Universitas Muhammadiyah Yogykarta)
Sita Anna Janti (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2023

Abstract

Homeschooling merupakan alternatif pendidikan dimana siswa belajar tidak perlu datang ke sekolah, melainkan belajar mandiri di rumah didampingi orang tua maupun guru privat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dampak psikologis siswa dalam proses pembelajaran Homeschooling yang dilihat dari teori belajar Sosial Kognitif dan Konstruktivisme. Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah penerapan teori belajar Sosial Kognitif dan Konstruktivisme dalam pemebelajaran Homeschooling kurang sesuai, karena menimbulkan efek psikologis seperti keyakinan atas penguasaan yang dimilikinya serta motivasi yang tinggi untuk meraih kesuksesan. Hal tersebut menjadi hal yang positif karena menghilangkan rasa minder atau tidak percaya diri siswa jika dihadapkan pada sekolah formal dimana siswa akan berkompetisi untuk menjadi yang terbaik. Namun, efek psikologis lainnya yang ditumbulkan dari pembelajaran Homeschooling ialah siswa menjadi pribadi yang individualis serta kurang rasa sosialnya dengan lingkungan masyarakat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...