Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 9, No 1 (2023): January 2023

Kemampuan Manajerial Kepala Madrasah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di MTS Alkhairaat Pusat Palu

Darmansyah Darmansyah (Universitas Alkhairaat Palu)
Musta'an Karadjo (Universitas Alkhairaat Palu)
Syahrani M. Thahir (Universitas Alkhairaat Palu)
Sakina Sakina (Universitas Alkhairaat Palu)
Windra Windra (Universitas Alkhairaat Palu)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2023

Abstract

Masalah pada penelitian ini meliputi: Bagaimana bentuk-bentuk kemampuan Kepala MTs Alkhairaat Pusat Palu sebagai supervisor? Bagaimana pelaksanaan supervisi dalam meningkatkan kinerja Guru di MTs Alkhairaat Pusat Palu? Bagaimana implikasi supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja Guru di MTs Alkhairaat Pusat Palu? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dalam bentuk penelitian lapangan (field research), data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis dengan proses analisis reduksi data dan penyajian data. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa: kemampuan manajerial kepala MTs Alkhairaat Pusat Palu yakni: Kemampuan Konseptual meliputi perumusan program kerja madrasah, Rencana Jangka pendek, menengah, dan Jangka panjang. Adapun kemampuan teknis kepala madrasah dalam hal pembenahan pembelajaran dengan upaya-upaya pemenuhan sarana dan prasarana pembelajaran. Kemampuan menjalin hubungan manusia yakni dengan menjaga hubungan kemanusiaan dengan para guru, stafnya dan stekholder pendidikan yang memiliki kaitan dengan pengembangan madrasah. Pelaksanaan supervisi dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah MTs Alkhairaat Pusat Palu dilakukan dengan tiga pola yaitu: Pengawasan Kepala Madrasah dalam hal pengawasan pembelajaran, mengadakan rapat dan penerapan disiplin aturan madrasah. Program Pengembangan guru dengan langkah mengadakan pelatihan bagi guru, mengikuti kegiatan kelompok kerja guru (KKG) tingkat Madrasah dan Wilayah, mengikuti musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) dan tugas belajar ke jenjang lebih tingi. Adapun evaluasi kepala Madrasah MTs Alkhairaat Pusat Palu dilakukan dengan evaluasi terhadap program yang dilakukan. Adapun implikasi supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah MTs Alkhairaat Pusat Palu, meliputi: Efektifitas Pembelajaran, peningkatan Mutu Guru/SDM dan peningkatan kinerja guru. Sebagai saran dari penelitian ini diharapkan Kepala Madrasah MTs Alkhairaat Pusat Palu sebagai supervisor mempertahankan kemampuan yang dimiliki pada aspek kemampuan manajerial dalam meningkatkan mutu dan pencapaian visi madrasah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...