Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 9, No 1 (2023): January 2023

Implementasi Model Atik Dalam Meningkatkan Motorik Kasar Melalui Permainan Engklek di TKIT Bunga Mufiidah

Rice Anggrayni (Pancasakti University, Bekasi)
Lelly Lenny (Pancasakti University)
Vera Risman (Pancasakti University)
Sri Watini (Pancasakti University)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2023

Abstract

Aspek perkembangan fisik-motorik menjadi salah satu aspek perkembangan awal yang dapat diamati pada anak usia dini. Anak usia dini umumnya menghabiskan lebih banyak waktunya untuk bermain, hal ini menjadi sarana pembelajaran yang efektif untuk anak. Permainan yang dapat dikolaborasikan dengan pembelajaran salah satunya adalah engklek. Permainan tradisional engklek menjadi salah satu permainan yang dapat meningkatkan perkembangan motorik kasar peserta didik. Metode pembelajaran dengan menggunakan Model ATIK. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi model ATIK dalam meningkatkan motorik kasar anak melalui permainan tradisional engklek di TKIT Bunga Mufiidah. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif yang dikaitkan dengan model Miles dan Huberman. Sumber data berasal dari siswa kelompok B yang berjumlah 34 siswa. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model ATIK pada permainan tradisional engklek memberikan peningkatan pada keterampilan motorik kasar anak. Kemampuan berlari, melompat, berjingkrak, melempar, koordinasi mata dan tangan meningkat serta semakin terarah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...