Journal of Comprehensive Science
Vol. 1 No. 5 (2022): Journal of Comprehensive Science (JCS)

Hubungan Tingkat Pengetahuan Siswa Smp Tentang Covid-19 Dengan Kepatuhan Menerapkan Prokes Saat Menjalani Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Di Smp Negeri 3 Saitnihuta Tahun 2022

Sari Dewi Simanullang, Murni (Unknown)
Saragih, Helinida (Unknown)
Septriani Saragih, Ice (Unknown)
Andriyani Purba, Dina (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2022

Abstract

Pandemi Covid-19 menjadi peristiwa yang mengancam kesehatan masyarakat dan telah menjadi sorotan dan perhatian dunia saat ini. Penyakit ini disebabkan oleh virus yang bernama Corona Virus Disease – 19, tanda dan gejala umum penyakit ini adalah gangguan pernapasan akut seperti sesak nafas, demam, dan batuk. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui Hubungan Tingkat Pengetahuan Siswa SMP Tentang Covid-19 dengan Kepatuhan Menerapkan Prokes Saat Menjalani Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Di SMP Negeri 3 Saitnihuta Tahun 2022. Jenis rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling berjumlah 84 responden. Didapatkan Hasil penelitian tingkat pengetahuan siswa SMP Negeri 3 Saitnihuta memiliki pengetahuan yang baik sebanyak ( 60,7%) dan kepatuhan menerapkan prokes saat menjalani pembelajaran tatap muka di masa pandemi dengan kategori sedang sebanyak (54,8%). Hasil uji statistik alternatif fisher exact test menunjukkan nilai P Value =0.144 yang berarti tidak ada hubungan tingkat pengetahuan siswa SMP tentang Covid-19 dengan kepatuhan menerapkan prokes saat menjalani pembelajaran tatap muka di masa pandemi di SMP Negeri 3 Saitnihuta Tahun 2022.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jcs

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Electrical & Electronics Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science

Description

This journal publishes research articles covering multidisciplinary sciences, which includes: Humanities and social sciences, contemporary political science, Educational sciences, religious sciences and philosophy, economics, Engineering sciences, Health sciences, medical sciences, design arts ...