Siswa down syndrome memiliki kemampuan yang rendah untuk mengenal angka dengan baik. Hal ini dikarenakan adanya hambatan kognitif yang dimiliki siswa. Selain itu, kurangnya media pembelajaran yang digunakan juga menjadi salah satu faktor penyebabnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi rendahnya kemampuan mengenal angka pada siswa down syndrome di SLB Negeri Karimun dengan mengembangkan sebuah produk yakni media permainan Biliar Mini. Subjek penelitian adalah siswa/I down syndrome yang berada di SLB Negeri Karimun pada seluruh jenjang tingkatan sekolah. Pemilihan subjek penelitian didasarkan pada hasil kemampuan mengenal angka yang lebih rendah dibandingkan siswa yang lain serta memiliki kemampuan berinteraksi yang lebih baik. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development/ R&D (Penelitian dan Pengembangan). Penelitian ini menggunakan desain penelitian Four-D Thiagarajan yang didukung pendekatan kuantitatif. Berdasarkan uji kevalidan dari beberapa ahli diperoleh hasil; (1). Ahli media dengan nilai rata-rata 3,28 dengan kriteria “Sangat Layak”. (2). Ahli down syndrome dengan nilai rata-rata 3,80 dengan kriteria “sangat layak”. Hasil uji dari respon pengguna yaitu guru 3,22 dengan kategori “Layak”, dan respon pengguna siswa memperoleh hasil 3,65 yang mendapat kriteria “Sangat Layak”. Penelitian ini menunjukan bahwa menggunakan media permainan biliar mini telah dinyatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran untuk pengenalan angka 0 sampai 9 pada siswa down syndrome di SLB Negeri Karimun
Copyrights © 2022