Journal of Islamic Education Leadership
Vol 2 No 2 (2022)

Pengaruh Manajemen Kelas Dan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di SMK Islam Yapim Manado

Nurul Fajriani Mokodompit (IAIN Manado)
Abdul Latif Samal (Unknown)
Syamsul Bahri Mamonto (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2022

Abstract

Dalam meningkatkan kualitas pendidikan, komponen yang harus diperhatikan adalah mengenai kelas, media pembelajaran, dan hasil output peserta didik dalam pembelajaran pada kurun waktu tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah manajemen kelas dan media pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui angket, koesioner, observasi, wawancara, dan data dokumentasi berupa hasil belajar peserta didik. Populasi dalam metodologi penelitian sebanyak 22 orang guru dan sampel penelitian yang diambil 11 (sebelas) orang guru. Penelitian dilaksanakan mulai bulan Juli 2021 sampai bulan September 2021 di SMK Islam Yapim Manado. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen kelas berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik sebesar 54,10%, sedangkan media pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik diperoleh sebesar 48,30%. Manajemen kelas dan media pembelajaran secara bersama – sama berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik diperoleh data 72,30%, dapat disimpulkan bahwa semakin baik manajemen kelas dan media pembelajaran yang dilakukan guru, maka semakin baik pula hasil belajar peserta didik

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jmpi

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal ini mencakup artikel penelitian dibidang manajemen pendidikan, riset pendidikan, serta pengelolaan pendidikan diberbagai bidang di antaranya: 1) Kepemimpinan Pendidikan, 2) Manajemen Hubungan Sekolah dan Masyarakat, 3) Perilaku Organisasi Pendidikan, 4) Budaya Organisasi Pendidikan, 5) ...