Pustaka: Jurnal Bahasa dan Pendidikan
Vol. 2 No. 4 (2022): Oktober : Jurnal Bahasa dan Pendidikan

Pemikiran Konsep Kurikulum Dua Tokoh Negara Yang Berbeda

Muthia Nur Rahma (Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga)
Mukh Nursikin (Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2022

Abstract

Standar isi dan standar kompetensi lulusan yang telah disusun oleh BSNP ditekankan oleh Mendiknas sebagai acuan guru untuk mengembangkan kurikulum sesuai kebutuhan sekolah. Kurikulum yang berlaku tetap berbasis kompetensi sebagai penyempurnaan dari kurikulum sebelumnya.Kurikulum dalam pendidikan memiliki peran yang sangat besar dalam menentukan kemajuan pendidikan di suatu negara, mulai dari ranah konsep hingga aplikasi atau praktik di lapangan. Karena mempunyai peran sebagai perencanaan dan pengaturan mengenai isi dan bahan ajar untuk penyelenggaraan pendidikan yang baik.Kurikulum 1947 sampai dengan kurikulum kemerdekaan di Indonesia mengalami perubahan dari waktu ke waktu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Sebanyak 11 kurikulum di Indonesia dikembangkan pada tahun 1947, 1952, 1968, 1975, 1984, 1994, 2004, 2006, 2013 dan kemerdekaan yang masih digunakan sampai sekarang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pustaka

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

jurnal yang ditujukan untuk publikasi artikel ilmiah yang diterbitkan oleh BADAN PENERBIT STIEPARI PRESS. Jurnal ini adalah Jurnal Bahasa dan Pendidikan yang bersifat peer-review dan terbuka. Bidang kajian dalam jurnal ini termasuk linguistik, sastra, filsafat, psikologi, hukum, pendidikan, sosial ...