Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
2016: Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya

Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Motivasi Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika

Fauzi, Alifiko NurAhmad (Unknown)
Sutama, S (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Mar 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:(1) pengaruh penggunaan strategi inquiry based learning dan discovery learning terhadap hasil belajar siswa,(2) pengaruh tingkat motivasi terhadap hasil belajar siswa,(3) interaksi antara strategi inquiry based learning dan discovery learning ditinjau dari tingkat motivasi siswa terhadap hasil belajar siswa. Jenis Penelitian ini adalah eksperimen.Populasi dalam penelitian yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Klaten tahun ajaran 2015/2016.Sampel penelitian ini yaitu kelas VII C sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 40 siswa dan kelas VII D sebagai kelas kontrol dengan jumlah 40 siswa.Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan angket sebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metode bantu. Teknik analisis menggunakan analisis variansi dua jalur dengan sel tidak sama. Hasil penelitian pada α = 5% diperoleh: (1) Terdapat pengaruh signifikan hasil belajar matematika menggunakan strategi inquiry based learning dan strategi discovery learning,(2) Terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar matematika ditinjau dari tingkat motivasi siswa,(3) Tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi terhadap hasil belajar matematika.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

knpmp

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Konferensi ini diadakan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surakarta untuk mewadai ide-ide baru dalam bidang Penelitian ...