Tujuan: Studi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk, dan bagi hasil terhadap kepuasan nasabah bank syariah sebagai variabel mediasi terhadap loyalitas nasabah. Desain/Metodologi/Pendekatan: Distribusi kuesioner dalam studi ini menggunakan metode online survei, dibantu aplikasi google form untuk mengisi kuesioner. Jumlah sampel sebanyak 300 responden. Analisis data menggunakan metode structural equation modeling yang selanjutnya digunakan sebagai analisis data untuk mengukur pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan bagi hasil terhadap kepuasan nasabah sebagai variabel intervening terhadap loyalitas nasabah. Hasil Penelitian: Hasil dari studi ini mengindikasikan sebagian variabel yang dikonsepkan seperti kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah, namun bagi hasil tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah, selanjutnya kepuasan nasabah berpengaruh terhadap loyalitas nasabah. Orisinalitas: Model Theory of Service Quality pada perbankan syariah masih menarik untuk dilakukan studi lebih kanjut karena penduduk Indonesia yang mayoritas muslim masih loyal dengan bank-bank konvensional dan belum mau menjadi nasabah bank syariah yang menerapkan prinsip-prinsip syariah sesuai dengan ajaran Islam. Ini menjadikan sebuah tantangan bagi pemasar untuk mengetahui mengapa sebagian besar masyarakat muslim Indonesia masih enggan untuk meninggalkan bank konvensional.
Copyrights © 2023