JOEL: Journal of Educational and Language Research
Vol. 1 No. 7: Februari 2022

DAMPAK PANDEMI COVID-19 : BAGAIMANA SUMBER DAYA MANUSIA DI LKMS?

Ramadhani Irma Tripalupi (UIN Sunan Gunung Djati, Bandung)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak pandemi Covid-19: bagaimana sumber daya manusia di LKMS? Akan membahas dua hal, yakni (1) kualifikasi sumber daya manusia LKMS berbasis digital 4.0; dan (2) cara meningkatkan kualitas sumber daya manusia LKMS berbasis digital 4.0 di era pandemi Covid 19. Kesimpulan dari penelitian adalah: kualifikasi sumber daya manusia LKMS berbasis digital 4.0 yakni meliputi aspek sikap, pengetahuan, dan ketrampilan. Aspek pengetahuan dan ketrampilan menguasai ilmu dan praktik terkait antara lain ekonomi; keuangan, bisnis dan hukum bisnis; pengetahuan dan penerapan syariahnya; serta sikap kerja yang melandasi dalam aspek pengetahuan dan ketrampilan. Ketiga aspek ini dilakukan dengan selalu dilandasi oleh akidah; akhlak dan syariah sehingga akan selalu terwujud budaya shiddiq; tabligh; amanah; dan fathonah. Cara meningkatkan kualitas sumber daya manusia LKMS berbasis digital 4.0 di era pandemi Covid 19 adalah meningkatkan sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang relevan di masa sekarang, antara lain penguatan gerakan literasi baru meliputi: literasi digital (digitalisasi operasional, digitalisasi pengawasan dan kepatuhan, digitalisasi pelayanan, serta digitalisasi usaha), literasi teknologi dan literasi manusia; meningkatkan ilmu dan praktik bisnis dan keuangan syariah, syariah marketing termasuk digital marketing, serta teknologi on line untuk meningkatkan kualitas pendampingan; pelayanan prima baik on the counter maupun pelayanan prima berbasis digital; meningkatkan intensitas akses dan komunikasi melalui inklusi dan literasi; kerjasama dengan lembaga lainnya terutama lembaga keuangan syariah; inovasi produk dan layanan dengan mengedepankan berbasis teknologi. Pengembangan sumber daya manusia tersebut dapat dilakukan dengan cara pendidikan formal; pelatihan sistimatik; latihan formal atau training; pelatihan kompetensi dan mental; workshop; pengembangan karir; dan pengembangan diri.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JOEL

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

JOEL: Journal of Educational and Language Research published by Bajang Institute, was established in twelve times a year and with printed version of ISSN: 2807-937X and the online version of ISSN: 2807-8721. We invite critical and constructive inquiries into wide range of fields of study with ...