JPIn : Jurnal Pendidik Indonesia
Vol 5, No 2: Oktober 2022

Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (Mmp) Terhadap Tingkat Pemahaman Konsep Matematika Siswa Di Kelas VIII B Smp Negeri 7 Kota Sungai Penuh

Nofyta Arlianti (STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh, Kerinci)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2023

Abstract

Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru selama ini masih kurang melibatkan keaktifan murid. Selama ini guru hanya menggunakan metode mencatat di papan tulis dan tanya jawab dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui seberapa besar pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap Tingkat Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII B Smp Negeri 7 Kota Sungai Penuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan Kuantitatif. Setelah dilakuakn analisis diperoleh rhitung rtabelĀ  atau 0,463 0,412 dan harga r = 0,463 yang berharga positif maka terdapat pengaruh positif dari model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap Tingkat Pemahaman Konsep Matematika siswa, dan koofisien determinasi (r)2 = 0,214, jadi besarnya hubungan VariabelX terhadap Y adalah 21,4%. Ini berarti pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap Tingkat Pemahaman Konsep Matematika siswa kelas VIII B SMP Negeri 7 Kota Sungai Penuh adalah sebesar 21,4%. Dapat disimpulkan bahwa terdapat berarti pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap Tingkat Pemahaman Konsep Matematika siswa kelas VIII B SMP Negeri 7 Kota Sungai Penuh.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPIn

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) mempublikasikan artikel kajian teori atau penelitian terkait dengan Pendidikan. JPIn menerima publikasi dari guru-guru (PAUD, SD, SMP, SMA), Dosen, serta dari pemerhati dan peneliti ...