Penelitian ini menganalisis jenis soal-soal persamaan linear satu variabel pada lima buku teks Indonesia, satu buku teks Malaysia, dan dua buku teks matematika Singapura. Penelitian ini menggunakan metode content analysis. Data dikumpulkan dikode berdasarkan dimensi jenis pertanyaan matematis dan situasi kontekstual. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan mengecek kembali data yang diperoleh, kemudian data dari beberapa sumber dilihat kesamaan dan perbedaan menggunakan teknik percentage of agreement. Hasil pengkodean menunjukkan bahwa soal-soal latihan persamaan linear satu variabel pada buku teks matematika Indonesia (total 435 butir soal; 67 diantaranya berupa pilihan ganda atau PG) , Malaysia (total soal 37 butir tanpa PG) dan Singapura (Total soal 254 butir tanpa PG) sebagian besar merupakan jenis soal latihan prosedur tunggal, kecuali buku Indonesia terbitan Erlangga dan Platinum yang didominasi oleh jenis soal dengan prosedur ganda (penyelesaian lebih dari satu langkah). Di sisi lain, hampir semua soal dalam buku teks dominan disajikan dalam konteks matematika murni terkecuali buku teks Indonesia terbitan Erlangga yang memiliki lebih banyak masalah ilustratif. Soal yang memiliki konteks membutuhkan penggunaan teknologi hanya ditemukan pada buku teks Indonesia Kurikulum Merdeka dan Singapura, sedangkan di buku-buku teks lainnya tidak terdapat soal-soal yang secara eksplisit membutuhkan penggunaan teknologi.
Copyrights © 2022