Fokus penelitian ini adalah efektifas musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di SMP Negeri kota Tebing Tinggi Rayon SMP Negeri 1 Tebing Tinggi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan kuantitatif yang secara spesifik lebih diarahkan pada penggunaan metode campuran. Pendekatan kualitatif dalam penelitian ini adalah bersifat primer, sedangkan pendekatan kuantitatif bersifat skunder. Pengumpulan data kualitatif dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Analisis data kuantitatif dilakukan untuk mendukung temuan penelitian ini. Analisis data kuantitatif menggunakan teknik analisis statistik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Efektivitas MGMP di SMPN 1 Tebing Tinggi dalam meningkatkan kompetensi profesional guru dilaksanakan melalui forum diskusi, pelatihan, workshop dan seminar serta penguatan komitmen kerja melalui proses pembinaan, kordinasi dan pengendalian kepala semua anggota MGMP yang dilaksanakan terjadwal dan terprogram. Peningkatan kompetensi profesional ditunjukkan dengan mengembangkan program layanan akademik yang berkaitan dengan pembelajaran yang efektif; mengembangkan kurikulum, silabus dan melakukan analisis materi pelajaran, program tahunan, program semester, rencana pelajaran (RPP), dan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal), dan modifikasi kurikulum merdeka belajar dengan memasukan pendidikan karakter bangsa. serta merumuskan model pembelajaran yang variatif dan alat-alat peraga praktik pembelajaran bahasa Indonesia. Sedangkan kendala yang dihadapi oleh MGMP SMPN Negeri 1 Tebing Tinggi terdiri dari kendala internal dan kendala eksternal.
Copyrights © 2022