Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan
Vol 5, No 3 (2022): November 2022

EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID 19 DI SMK NEGERI 4 KOTA TEBING TINGGI

Syamsidar Syamsidar (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2022

Abstract

Efektifitas pembelajaran dapat dilihat dari aktifitas siswa selama pembelajaran berlangsung, dimana Proses belajar mengajar dikatakan efektif apabila pembelajaran tersebut dapat mencapai tujuan yang diharapkan serta siswa dapat menyerap materi pelajaran dan mempraktekkannya. Hasil penelitian bahwa Implementasi pembelajaran daring di SMK Negeri 4 Kota Tebing Tinggi ada kemudahan atau kelebihan dimana menjadi kelebihan yakni Proses pembelajaran dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, guru dan siswa dapat menambah pengetahuannya mengenai pemanfaatan teknologi informasi yang digunakan dalam bidang pendidikan, guru dan siswa memiliki sumber belajar yang sangat luas, menumbuhkan rasa mandiri dan kesadaran siswa untuk belajar, serta siswa dapat memanfaatkan berbagai fitur belajar online, mulai dari yang gratis hingga yang berbayar. Sedangkan kendala yang dihadapi dalam diantaranya penggunaan media daring memerlukan biaya yang besar, kendala jaringan, cuaca dan lampu padam akan mengganggu jalannya aktivitas pembelajaran, kuota internet, merupakan kendala yang cukup berat bagi siswa, motivasi belajar siswa akan cenderung menurun jika guru dan orang tua siswa tidak melakukan control siswa belajar dirumah secara intensif, dan berkurangnya bimbingan dan interaksi antara guru dan siswa maupun siswa dengan siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

biblio

Publisher

Subject

Education

Description

The Biblio Couns Journal is a scientific journal in the field of Counseling and Education studies. The journal is published in three editions published a year, namely march, july, august. Biblio Couns is published by the Guidance and Counseling Study Program of the Faculty of Teacher Training and ...