Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan bahan ajar berbentuk e-book dalam mengatasi learning loss pada tema lingkungan sahabat kita di SMP. E-book dirancang menggunakan flipbuilder dengan bantuan kunjungan situs web (google sites). Metode penelitian yang digunakan adalah Research & Development (R&D) dengan model penelitian 4-D Thiagarajan yang dimodifikasi sesuai dengan penelitian yang dilakukan yaitu: Define, Design, Develope dan uji coba terbatas. Instrumen yang digunakan yaitu lembar penilaian ahli untuk penilaian aspek materi, aspek media, aspek pendidikan, dan angket respon peserta didik. Data dianalisis secara kualitatif. Pada lembar penilaian ahli, terdapat penilaian aspek learning loss untuk mengukur keberhasilan produk dalam mengatasi persoalan tersebut. Hasil penilaian menunjukkan bahwa score untuk aspek substansi 92,5% (validitas tinggi), score untuk aspek media 95,2% (validitas tinggi), score untuk aspek pendidikan 92,9% (validitas tinggi); sedangkan peserta didik memberikan score 89,5% (validitas tinggi). Dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan dalam penelitian sudah valid dan mampu mengatasi learning loss siswa SMP.
Copyrights © 2023