Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya kemampuan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa.Untuk mengatasi masalah tersebut, penelitian ini diterapkan model pembelajaran strategi learning start with question (LSQ). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi learning start with question (LSQ) dan mengetahui hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan strategi learning start with question (LSQ). Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIII-A SMP Negeri 7 Padangsidimpuan terdiri dari 19 siswa. Teknik dan alat pengumpulan data yaitu angket dan test. Hasil penelitian setelah diterapkan pendekatan strategi learning start with question (LSQ) meningkat dilihat hasil angket keaktifan siswa pada siklus I dengan persentase ketuntasan 47,33%, sedangkan siklus II 78,33% dengan peningkatan 30%. Hasil test dalam belajar meningkat dengan perolehan siklus I rata-rata persentase ketuntasan 26,31%, pada silus II rata-rata persentase ketuntasan 84,89% dengan peningkatan 58,68%. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa penerapan strategi learning start with question (LSQ) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa di SMP Negeri 7 Padangsidimpuan.
Copyrights © 2023