EKSAKTA : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA
Vol 8, No 1 (2023): Eksakta : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA

UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI LEARNING START WITH QUESTION (LSQ) DI SMP NEGERI 7 PADANGSIDIMPUAN

Masdelima Azizah Sormin (Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah tapanuli Selatan, Padangsidimpuan, Indonesia)
Rafika Ikhsan (Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah tapanuli Selatan, Padangsidimpuan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2023

Abstract

Permasalahan  penelitian ini adalah rendahnya kemampuan keaktifan  dan hasil belajar matematika siswa.Untuk mengatasi masalah tersebut, penelitian ini diterapkan model pembelajaran strategi learning start with question (LSQ). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi learning start with question (LSQ) dan mengetahui hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan strategi learning start with question (LSQ). Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIII-A SMP Negeri 7 Padangsidimpuan terdiri dari 19 siswa. Teknik dan alat pengumpulan data yaitu angket dan test. Hasil penelitian setelah diterapkan pendekatan strategi learning start with question (LSQ) meningkat dilihat hasil angket keaktifan siswa pada siklus I dengan persentase ketuntasan 47,33%, sedangkan siklus II 78,33% dengan peningkatan 30%. Hasil test dalam belajar meningkat dengan perolehan siklus I rata-rata persentase ketuntasan 26,31%, pada silus II rata-rata persentase ketuntasan 84,89% dengan peningkatan 58,68%. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa penerapan strategi learning start with question (LSQ) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa di SMP Negeri 7 Padangsidimpuan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

eksakta

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

Jurnal Eksakta diterbitkan dua kali setahun sebagai media publikasi ilmiah dalam pengkajian dan pengembangan Ilmu Pendidikan di bidang Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi. Jurnal Eksakta memuat tulisan ilmiah berupa artikel konseptual, hasil penelitian maupun isu isu yang relevan dalam bidang ...