EKSAKTA : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA
Vol 8, No 1 (2023): Eksakta : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA

PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA BERBASIS DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN SOFTWARE FLIPBOOK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA MATERI PELUANG KELAS VIII SMP

Monica Silalahi (Universitas Islam Sumatera Utara (UISU))
Hasratuddin Hasratuddin (Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan, Medan, Indonesia)
Metrilitna Br Sembiring (Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utara, Medan, Indonesia.)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2023

Abstract

Dalam penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemahaman konsepmatematis peserta didik yang diberi pembelajaran menggunakan e-modulberbasisdiscovery learning. (2) Menemukan e-modul berbasis discovery learning yang efektif terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) yang menggunakan model ADDIE. Yang terdiri dari 5 tahap yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi dengan teknik pengumpulan data menggunakan skala Likert serta angket respon peserta didik menggunakan skala Likert. Objek penelitian berupa bahan ajar e-modul matematika berbantuan flipbook maker pada materi peluang kelas VIII SMP Swasta Swadaya Sumberejo. Subjek uji coba dilakukan di kelas VIII-1 dengan jumlah 22 orang dan kelas VIII-2 dengan jumlah 22 orang. E-modul divalidasi oleh 4 validator yang terdiri dari tiga dosen dan satu guru matematika SMP Swasta Swadaya Sumberejo. Data validasi dan data kepraktisan dianalisis dengan cara menentukan rata-rata dari setiap penliaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil persentasi validasi ahli media sebesarĀ  90%, ahli materi sebesar 87%, ahli bahasa sebesar 88% dengan kriteria sangat valid; (2) Hasil uji kepraktisan berdasarkan penilaian angket respon peserta didik diperoleh rata-rata 81,1% dengan kriteria sangat praktis. (3) Keefektifan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dari perolehan nilai N-gain pada uji coba I sebesar 0,4 dan uji coba II sebesar 0,8, maka terjadi peningkatan sebesar 0,4. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar e-modul matematika berbasis discovery learning berbantuan flipbook maker pada materi peluang kelas VIII SMP teruji kevalidan, kepraktisan dan keefektifannya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

eksakta

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

Jurnal Eksakta diterbitkan dua kali setahun sebagai media publikasi ilmiah dalam pengkajian dan pengembangan Ilmu Pendidikan di bidang Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi. Jurnal Eksakta memuat tulisan ilmiah berupa artikel konseptual, hasil penelitian maupun isu isu yang relevan dalam bidang ...