Penelitian ini bertujuan memahami perilaku prokrastinasi (menunda pekerjaan) mahasiswa dari segi self regulation learning. Sampel penelitian terdiri dari 65 mahasiswa psikologi semester empat sampai delapan Universitas Airlangga Surabaya. Alat ukur yang digunakan adalah skala prokrastinasi akademik dan skala self regulation learning.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara tingkat self-regulation learning dan perilaku prokrastinasi akademik mahasiswa. Disimpulkan, meski memiliki tingkat pengaturan diri yang tinggi terhadap tugastugas perkuliahan, namun mahasiswa tidak terlepas dari perilaku prokrastinasi. Diduga, di kalangan mahasiswa perilaku ini sudah menjadi suatu trait. Akibatnya, betapa pun tingkat self regulation learning mereka, prokrastinasi masih terjadi. Hal ini sesuai pendapat Ferrari dkk. bahwa prokrastinasi merupakan suatu trait kepribadian. Sebagai trait prokrastinasi tidak sekadar merupakan perilaku menunda, tetapi melibatkan aneka komponen perilaku maupun struktur mental lain yang saling terkait dan dapat diungkap baik secara langsung maupun tidak langsung.Kata kunci: prokrastinasi akademik, self regulation learning, trait
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2009