Minat dan partisipasi aktif siswa kelas X MIPA 2 MAN 2 Semarang kurang dalam proses pembelajaran yang berakibat perolehan nilai. Nilai PKn yang dicapai pada ulangan harian pertama terendah dari 11 kelas dengan nilai rata-rata 27, jumlah siswa yang kompeten 3, 33 tidak kompeten dengan ketuntasan 8,3%, KKM di bawah 75. Ketuntasan belajar menengah diharapkan 85%. Masalah yang akan dikaji dengan menggunakan Model Debat untuk meningkatkan kompetensi siswa pada materi Wawasan Nusantara sesuai dengan kompetensi dasar mata pelajaran PKn adalah mengkarakterisasi makna penting Wawasan Nusantara dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dalam waktu 4 bulan dari bulan Januari sampai dengan April 2022 dengan menggunakan dua siklus. Subyek penelitian berjumlah 34 orang. Berdasarkan hasil temuan disimpulkan bahwa penggunaan Model Debat dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep pembelajaran Wawasan Nusantara dapat meningkatkan minat dan peran aktif siswa. Disarankan kepada guru PKn agar kreatif dalam inovasi pembelajaran dan mencoba menggunakan Model Debat dalam pembelajaran PKn.
Copyrights © 2023