Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa kelas VI pada materi sistem tata surya yang disebabkan proses pembelajaran yang dilakukan guru masih menggunakan metode ceramah, tidak ada tanya jawab dan diskusi kelompok, serta tidak ada media yang digunakan guru dalam materi ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran, peningkatan hasil belajar, serta perubahan perilaku yang menyertai peningkatan hasil belajar IPA materi sistem tata surya menggunakan metode diskusi berbantuan dadu kusora. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah 25 siswa kelas VI SDN Sriwedari 2 tahun pelajaran 2017/2018. Dari hasil pengolahan data Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan metode diskusi berbantuan dadu kusora, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode diskusi berbantuan dadu kusora memberikan dampak positif bagi proses pembelajaran IPA materi sistem tata surya, karena dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam proses pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar, serta perubahan perilaku yang menyertai peningkatan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2023