Journal of Classroom Action Research
Vol. 5 No. 1 (2023): Februari

Implementasi PAUD Holistik Integratif pada TK di Kabupaten Lombok Utara Tahun 2022

Isti Fardila Aeni (Unknown)
Baik Nilawati Astini (Unknown)
Ika Rachmayani (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 May 2023

Abstract

PAUD Holistik Integratif merupakan salah satu program pengembangan kegiatan pembelajaran pada lembaga pendidikan untuk anak usia dini yang dalam pelaksanaanya dilakukan secara utuh, menyeluruh dan terpadu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi layanan PAUD HolistikIntegratif pada TK di Kabupaten lombok Utaras tahun 2022. Metode penelitian ini  merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan metode survei. Penelitian ini menggunakan teknik sampling stratified proposional random sampling, dengan populasi sebanyak 133 satuan lembaga dan sampel sebanyak 10%. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian PAUD Holistik Integratif pada 13 satuan lembaga yang ada di kabupaten lombok utara,menunjukan hasil bahwa lembaga yang melaksanakan layanan perlindungan sebanyak 38%, layanan pembelajaran sebanyak 85%, layanan Keamanan dan Kenyamananhanya 8%  lembaga menyediakan APE luar dengan memperhatikan jumlah anak yang dilayani akan tetapi ada sebanyak 92% pendidik menjaga dan memfasilitasi anak disatuan sampai anak dijemput orang tuanya, layanan kesehatan dan gizisebanyak 77% yang sudah melakukan kerjasama dengan  instansi bidang kesehatan namun kerjasama tersebut didominasi oleh kerjasama dalam bentuk formal saja, dan layanan Peran Orang Tua dan Pengasuhan secara organisasi pengasuhan orang tua atau persatuan orang tua murid (POM) hanya 38%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti dapat menyimpulkan bahwa implementasi PAUD Holistik Integratif pada TK di Kabupaten Lombok Utara Tahun 2022 sudah cukup terlaksana namun belum secara maksimal dan menyeluruh. Diharapkan pemerintah setempat untuk memberikan pelatihan dan sosialisasi kepada kepala lembaga dan pendidik  tentang program Layanan PAUD Holistik Integratif khusunya kerjasama dalam bidang perlindungan anak.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...