Jurnal Darma Agung
Vol 30 No 3 (2022): DESEMBER

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MATERI PENDAPATAN NASIONAL KELAS XI DI SMA TAMAN SISWA PEMATANG SIANTAR T.A 2022/2023

Daniel Pradikma Butarbutar (Universitas HKBP Nommensen,Pematang Siantar)
Susy Alestriani Sibagariang (Universitas HKBP Nommensen,Pematang Siantar)
Lasma Siagian (Universitas HKBP Nommensen,Pematang Siantar)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya terhadap ketuntasan belajar dalam mata pelajaran ekonomi materi pendapatan nasional kelas XI di SMA Tamansiswa Pematang Siantar T.A. 2022/2023. Penelitian berjenis kuantitatif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Tamansiswa Pematangsiantar dengan jumlah 96 siswa. Sampel diambil dengan tehnik Sampling Purposive. Diperoleh jumlah sampel adalah 32 siswa yang berasal dari kelas XI IPS 2. Data yang diambil adalah data ketuntasan belajar siswa berupa hasil test sebelum dan sesudah diberi perlakuaan mengajar dengan metode tutor sebaya. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi sederhana dan uji t paired sample. Berdasarkan hasil analisis regresi sederhana diperoleh kesimpulan bahwa Model Pembelajaran Tutor Sebaya memberikan pengaruh sebesar 96,9% terhadap Ketuntasan Belajar Siswa. Selanjutnya berdasarkan hasil uji t paired sampel, nilai Sig (2-tailed) adalah 0,00 < 0,05, yang dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya terhadap ketuntasan belajar siswa. Pada pre test ketuntasan belajar kelompok adalah 50% yang dapat diartikan bahwa ketuntasan belajar kelompok pada pre test tidak tuntas dengan kriteria Kurang. Selanjutnya pada post test, ketuntasan belajar kelompok adalah 78% yang dapat diartikan bahwa kentuntasan belajar kelompok pada post test tuntas dengan kriteria Baik. Dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran tutor sebaya mampu meningkatkan kentuntasan belajar kelompok. Disarankan kepada guru untuk menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya agar siswa dapat belajar dengan tuntas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurnaluda

Publisher

Subject

Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Social Sciences

Description

Journal Focus of the Darma Agung Journal is multidisciplinary research to the lecturers, students and related institutions, especially in Indonesia which leads to an increasing in Indonesian Human Development Index. The scope includes collection of the results of research, studies or community ...