Pelayanan berasal dari kata dasar layan, pelayanan adalah sebuah tindakan yang berkaitan dengan cara melayani. Pengaruh pelayanan PT Pertamina Internasional Shipping terhadap kru kapal dimasa pandemi merupakan permasalahan krusial yang perlu diperhatikan. Karena hal ini akan berpengaruh terhadap kinerja para kru yang tentunya memiliki hubungan kausalitas dengan PT Pertamina International Shipping terutama di masa pandemi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yang nantinya akan menghasilkan data deskriptif berupa uraian kata-kata yang membentuk kalimat dari orang serta perilaku yang diamati. Penelitian ini dilakukan di PT Pertamina International Shipping Jakarta semasa melakukan Praktek Darat (PRADA) untuk mendapatkan data primer melalui riset langsung ke lapangan. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data melalui pendekatan terhadap objek melalui observasi, wawancara serta mengamati langsung objek berdasarkan data dan dokumen yang berhubungan dengan penelitian.
Copyrights © 2021