Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 5, No 2 (2022): Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini

PELAKSANAAN KEGIATAN JURNAL PAGI DALAM MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA DINI DI TK IT HARAPAN UMAT KARAWANG

Nurkhalizah, Ervin (Unknown)
Ruslanwahyudin, Undang (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berbahasa anak dengan menerapkan metode jurnal pagi pada anak di TK IT Harapan Umat Karawang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan subjek penelitian adalah anak usia 4-6 tahun. Subjek penelitian bersumber pada informasi anak dengan jumlah 19 anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis perkembangan bahasa melalui bercerita dengan jurnal harian pagi pada anak usia dini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berbahasa anak dengan penerapan metode jurnal pagi menunjukkan faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan kemampuan berbahasa reseptif, ekspresif dan keaksaraan. Hasil kemampuan reseptif didasarkan pada persepsi anak, kemampuan ekspresi lebih dekat dengan persoalan psikologi anak, dan kemampuan keaksaraan menunjukkan simbol-simbol dalam aksara. Langkah-langkah penerapan metode jurnal pagi adalah guru memberi perintah kepada siswa untuk mengambil buku jurnal masing-masing kemudian siswa menggambar sesuai ide dan siswa tersebut kemudian hasilnya diceritakan kepada guru. Penerapan metode jurnal pagi dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PAUD

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL CAKSANA terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember berisi tulisan gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktisi dan hasil penelitian dan pengajaran dalam bidang keilmuaan pendidikan anak usia ...