Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika
Vol. 4 No. 1 (2023): JANUARI 2023

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KONSEP SUHU DAN KALOR

Noviwati Noviwati (Universitas Gorontotalo)
Mursalin Mursalin (Unknown)
Abdul Haris Odja (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

Hasil penelitian ini memaparkan tentang hasil belajar siswa pada topik suhu dan kalor melalui penerapan model pembelajaran inquiry learning. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen dengan rangcangan one group pretest-posttest design. Penentuan subyek menggunakan teknik random sampling dengan intact group sehingga terpilih siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Telaga Biru yang berada di Kabupaten Gorontalo. Analisis data dilakukan menggunakan gain-score yang termasuk pada kategori sedang. Hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan adanya penerapan model inquiry learning pada konsep suhu dan kalor.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

luminous

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika yang disingkat dengan JLu merupakan jurnal yang diterbitkan dan dikelola oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas PGRI Palembang. JLu memuat artikel hasil penelitian di bidang Pendidikan Fisika yang meliputi penelitian eksperimen, ...