Tujuan dalam penelitian yaitu untuk menganalisis bagaimana strategi pemasaran dan strategi apakah yang paling tepat untuk meningkatkan penjualan ekspor udang vaname (Litopenaeus Vannamei) Pada UD. Jumari Kecamatan Gebang Kabupaten Langkat. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara studi kasus. Desain penelitian dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang dikuantitatifkan. Pendekatan deskriptif kualitatif ini mengunakan bauran pemasaran (product, price, place, promotion). Analisis data menggunakan analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity, Threat), dan analisis QSPM. Hasil penelitian menunjukkan nilai skor IFAS sebesar 2,93 menunjukkan posisi internal yang kuat, nilai skor EFAS sebesar 2,64 menunjukkan bahwa perusahaan merespon peluang dan menghindari ancaman-ancaman yang ada. Pada diagram Cartesius diketahui UD. Jumari berada pada kuadran I dan berada pada jalur yang tepat dengan melakukan strategi agresif. Strategi yang harus diterapkan oleh UD. Jumari adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (Growth Oriented Strategy). Pada matriks IE, UD. Jumari terletak pada sel 5, hasilnya perusahaan masuk kedalam fase growth yang berkonsentrasi melalui integrasi horizontal dan stability yaitu tidak ada perubahan profit strategi. Matriks SWOT, perusahaan berada pada kotak SO. Prioritas strategi pemasaran yang diperoleh dari hasil analisis dengan menggunakan matriks QSPM adalah Memanfaatkan kualitas udang dan sertifikasi dari kementerian kelautan dan perikanan Indonesia yang dimiliki oleh UD. Jumari agar dapat memperluas pasar dan menjaga citra yang baik dikalangan konsumen untuk meningkatkan penjualan. Peneliti menyarankan UD. Jumari agar dapat tetap mempertahankan serta meningkatkan kualitas daripada udang UD. Jumari dan memperluas dan mengembangkan akses di pasar internasional maupun lokal agar dapat meningkatkan tingkat penjualan.
Copyrights © 2022