Peka : Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntasi FKIP UIR Pekanbaru
Vol. 10 No. 2 (2022): Desember

THE INFLUENCE OF PROJECT-BASED LEARNING MODEL ON THE CREATIVENESS AND ECONOMIC LEARNING OUTCOMES OF STUDENTS OF CLASS X IPS SMA YLPI PEKANBARU IN ACADEMIC YEAR

NOVITA ANDRIANI (SMKN 1 BANGKO)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2023

Abstract

Abstrak Pendidikan mempunyai Peranan yang sangat menentukan bagi Perkembangan dan Perwujudan diri Individu, terutama bagi Pembangunan bangsa dan negara. Suatu model dalam pembelajaran merupakan cara yang teratur dan terstruktur yang bertujuan pengajaran dalam memperoleh kemampuan dan pengembangan aktivitas belajar yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik. Masalah pokok dari penelitian ini adalah 1) Guru Masih menggunakan metode pembelajaran yang konvensional,seperti metode ceramah dan mencatat. 2) Guru kurang mengaitkan materi yang diajarkan dengan kehidupan nyata dan lingkungan siswa itu sendiri. 3) Kurangnya peran guru dalam mengembangkan potensi siswa melalui model pembelajaran yang inovatif 4) Perancangan pembelajaran yang kurang efektif sehingga membuat siswa kurang Kreatif dalam belajar 5) Masih ada Siswa yang diam,seperti tidak suka bertanya, dan kurang suka berdiskusi 6) kurangnya kesiapan guru untuk menerapkan kurikulum 2013 7) penerapan kurikulum 2013 yang tidak sesuai dengan kondisi sekolah 8) pengembangan kurikulum hanya didasarkan pada orientasi pragmatis 9) Rendahnya hasil Nilai ulangan siswa Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimental yaitu menambahkan penelitian eksperimen dapat diartikan sebagai metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendalikan. Ada 2 variabel yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu variabel bebas (independent) dan variabel terikat (dependent) Hasil penelitian yang dilakukan ini adalah bahwa hipotesis yang ada didalam penelitian tidak berpengaruh.Dapat dijelaskan pada saat melakukan postest dengan soal 20 butir pada kelas X IPS1 sebagai kelas Eksperimen , X IPS2 sebagai kelas Kontrol didapatkan nilai rata-rata dimana kelas eksperimen lebih tinggi dari pada nilai Kontrol.Pada hasil Postest Kelas Eksperimen yaitu kelas X IPS1 dengan menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning pada Mata Pelajaran Ekonomi mendapat nilai rata-rata 84,4.Nilai yang paling tinggi yaitu 100 dan yang paling rendah yaitu 75.Pada Kelas Kontrol dengan menggunakan Model Discovery Learning mendapatkan nilai rata-rata 82,6.Dimana nilai yang paling tinggi yaitu 95 dan nilai yang paling rendah adalah 65.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Peka

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Peka bertujuan untuk menggali dan menerbitkan tulisan tentang isu-isu terkini terkait dengan pengajaran dan pembelajaran ekonomi dan akuntansi baik pada tingkat sekolah menengah dan pendidikan ...