Suluh Pendidikan: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan
Vol 17 No 1 (2019)

DESAIN PEMBELAJARAN PERKALIAN BILANGAN CACAH DENGAN EQUAL GROUPS MENGGUNAKAN ALAT PERAGA DAKON BAGI SISWA KELAS II SD UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP

Serma Wati, Ni Made (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan teori pembelajaran lokal materi perkalian. Penelitian ini menekankan pada pemahaman konsep tentang operasi perkalian dan mengkonversinya ke dalam bentuk penjumlahan menggunakan bantuan alat peraga dakon. Penelitian ini menggunakan metode design research tipe studi validasi dengan tiga tahapan yang meliputi penelitian awal, implementasi dan analisis retrospektif. Pelaksanaan pembelajaran disusun berdasarkan prinsip-prinsip Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Implementasi pembelajaran dilakukan di Kelas 2 SD Saraswati Tabanan Tahun Pelajaran 2017/2018. Data terkait dengan aktivitas dan strategi yang digunakan siswa dalam menyelesaikan masalah yang diberikan selama pembelajaran berlangsung dikumpulkan melalui jawaban tertulis siswa di LKS, wawancara dan observasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif. Karakteristik pembelajaran yang disusun, adalah (1) penggunaan konteks permainan dakon yang familiar dengan keseharian siswa, (2) pembelajaran diawali dengan pengelompokkan benda dan diarahkan untuk melihat perkalian sebagai bentuk penjumlahan berulang, dan (3) penggunaan metode equal group dalam menentukan dan menghitung operasi perkalian. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui lintasan pembelajaran yang dirancang, siswa dapat: (1) memberikan makna dan memahami konsep dari operasi perkalian, (2) mengembangkan strategi pengelompokan benda konkret untuk menentukan hasil dari operasi perkalian, dan (3) menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perkalian serta aplikasinya.

Copyrights © 2019