Suluh Pendidikan: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan
Vol 17 No 1 (2019)

KARAKTERISTIK TES PRESTASI BELAJAR MODEL CAMPURAN DIKOTOMUS DAN POLITOMUS GENERALIZED PARTIAL CREDIT MODEL (GPCM)

Purwa Antara, Anak Agung (Unknown)
Yasna, I Made (Unknown)
Dian Permana Dewi, Ni Wayan (Unknown)
Maduriana, I Made (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian empirik dengan tujuan untuk mengetahui (1) karakteristik tes prestasi belajar model campuran yang dianalisis dengan pendekatan teori tes klasik dan yang dianalisis dengan pendekatan Item Response Theory (IRT), dan (2) daya beda butir tes prestasi belajar yang dianalisis dengan pendekatan Klasik dan yang dianalis dengan pendekatan IRT. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar di Kabupaten Tabanan dengan pengambilan data menggunakan teknik strati?ed random sampling. Karakteristik tes yang disusun dianalisis menggunakan Program Parscale dengan estimasi Marginal Maximum likelihood. Hasil analisis berdasarkan pendekatan klasik menunjukkan bahwa nilai rerata koe?sien korelasi Pearson 0.373 dan rerata koe?sien korelasi Polyserial 0.460 lebih dari 0.2 yang berarti secara umum tes yang disusun memiliki daya beda yang baik. Hasil analisis dengan pendekatan IRT menunjukkan bahwa nilai minimum probability 0.198 (lebih dari 0.05) yang berarti data yang digunakan ?t dengan model. Rerata slope 0.644, lebih besar dari 0.2 yang berarti bahwa tes yang disusun memiliki daya beda butir yang baik. Demikian pula nilai location sebesar -.0.430 (mendekati 0.00), yang berati tes yang disusun memiliki tingkat kesukaran butir yang sedang. Analisis tes dengan pendekatan IRT memiliki rerata slope lebih besar dari tes yang dianalisis dengan pendekatan klasik. Hal ini berarti analisis tes dengan pendekatan IRT lebih teliti dalam membedakan kemampuan siswa yang satu dengan yang lainnya.

Copyrights © 2019