Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola interaksi edukatif guru dan siswa terhadap keaktifan belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran pendidikan agama islam di smp plus al-kholiliy comal. Penelitian ini dilakukan di SMP Plus al-kholiliy comal. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif penelitian ini merupakan penelitian korelasi. Penelitian korelasi ini dilakukan oleh peneliti untuk mengetahui pengaruh variabel bebas x (pengaruh pola interaksi edukatif guru dan siswa) dan variabel terikat y (keaktifan belajar siswa). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Plus Al-Kholiliy Comal pada tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 43 siswa sedangkan sample dalam penelitian ini 43 siswa. Sedangkan, tehnik pengambilan data menggunakan wawancara, observasi dan kuestioner. Hasil penelitian Adanya pengaruh pola interaksi edukatif guru dan siswa maka dapat dilihat dari nilai F hitung ialah 19.585 dengan tingkat nilai sig. uji Anova adalah 0,000 < nilai signifikan 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa pola interaksi edukatif guru dan siswa berpengaruh secara signifikan terhadap keaktifan belajar siswa maka Ho ditolak dan Ha diterima.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022