Jurnal Edugenesis
Vol 1 No 2 (2019): Vol. 1 No. 2 Desember 2019

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) PADA MATA KULIAH BAHASA INGGRIS BIOLOGI TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA

Nurhidaya Fithriyah Nasution (Program Studi Pendidikan Biologi, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan)
Febriani Hastini Nasution (Program Studi Pendidikan Biologi, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2019

Abstract

Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap hasil belajar mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester VInstitut Pendidikan Tapanuli Selatan yang berjumlah 25 orang dan semuapopulasi dalam penelitian ini dijadikan sebagaisampel penelitian. Adapun metode pengambilansampel yaitu dilakukan secara total sampling, yaitupengambilan seluruh jumlah populasi.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen, rancangan penelitian ini menggunakan Pretest dan Posttest. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengolah datadari hasil penelitian adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial menggunakan SPSS 16.0.Analisis data menggunakan uji-t, diperoleh nilai Sig = 0,00 < 0,05, berada pada daerah penolakan H0 yang berarti hipotesis H0 ditolak dan hipotesisHa diterima. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap hasil belajar mahasiswa Bahasa Inggris Biologi.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

BIOESA

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

JURNAL EDUGENESIS merupakan jurnal elektronik nasional yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA) Institut Pendidikan Tapanuli Selatan (IPTS) dengan tujuan sebagai sarana publikasi hasil penelitian original yang terkait ...