Jurnal Edugenesis
Vol 4 No 2 (2021): Vol 4 No 2 Desember 2021

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DENGAN PENGGUNAAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI MTS AR-RAUDLATUL HASANAH 2 LUMUT

Chairul Elsandi Nasution (Insitut Pendidikan Tapanuli Selatan)
Nurhidaya Fithriyah Nasution (Unknown)
Nurul Husna Siregar (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada materi klasifikasi makhluk hidup dengan penggunaan pendekatan Saintifik di MTs Ar-Raudlatul Hasanah 2 Lumut Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melibatkan siswa kelas VII B sebanyak 30 orang. Instrument yang digunakan dalam pengambilan data adalah observasi, dan tes. Teknik analisis data bersifat kuantitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar pada materi klasifikasi makhluk hidup dengan penggunaan pendekatan Saintifik di MTs Ar-Raudlatul Hasanah 2 Lumut menunjukkan ketuntasan hasil belajar siswa dengan pencapaian yaitu siklus I sebesar 13,3% dengan nilai rata-rata 53,6 dan pada siklus II sebesar 76,7% dengan nilai rata-rata 70,1 dengan peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 16,6. Kata kunci : Hasil Belajar, Klasifikasi Makhluk Hidup, Saintifik

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

BIOESA

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

JURNAL EDUGENESIS merupakan jurnal elektronik nasional yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA) Institut Pendidikan Tapanuli Selatan (IPTS) dengan tujuan sebagai sarana publikasi hasil penelitian original yang terkait ...