Jurnal Edugenesis
Vol 2 No 2 (2020): Vol. 2 No. 2 Desember 2020

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP SIKAP TANGGUNG JAWAB SISWA DI KELAS X SMK NEGERI 1 MARANCAR

fitri saidah siregar (IPTS TAPSEL)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2020

Abstract

Abstrak.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap sikap tanggung jawab siswa di kelas X SMK Negeri 1 Marancar. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksprimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Marancar yang terdiri atas 2 kelas dengan jumlah 53 siswa dan sampel sebanyak 36 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah one-shot case study. Instrumen yang digunakan yaitu angket dan observasi. Teknik analisis data berupa analisis deskriptif dan analisis infrensial dengan mengunakan aplikasi SPSS 22. Hasil perhitungan penggunaan model problem based learing diperoleh nilai rata-rata 86,4 pada kategori“Sangat Baik”. Untuk sikap tanggung jawab siswa diperoleh nilai rata-rata 86,2 kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan aplikasi software SPSS 22 diperoleh hasil signifikan sebesar 0,000 < 0.05 berarti hipotesis diterima. Artinya terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap sikap tanggung jawab siswa di kelas X SMK Negeri 1 Marancar. Kata kunci: Model problem based learning, sikap tanggung jawab.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

BIOESA

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

JURNAL EDUGENESIS merupakan jurnal elektronik nasional yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA) Institut Pendidikan Tapanuli Selatan (IPTS) dengan tujuan sebagai sarana publikasi hasil penelitian original yang terkait ...