Jurnal Edugenesis
Vol 4 No 2 (2021): Vol 4 No 2 Desember 2021

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KARAKTER SISWA KELAS X DI DESA GUNUNG BINANGA KECAMATAN MARANCAR

Siti Nurhasanah Siregar (IPTS TAPSEL)
Perima Simbolon (Unknown)
Rizky Amelia Dona Siregar (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2021

Abstract

Abstrak.Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan pembelajaran Think Talk Write terhadap karakter siswa kelas X SMA Di Desa Mombang Boru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dan sampel pada penelitian ini berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling dengan design One-Shot Case Study. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan angket. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil perhitungan penggunaan model pembelajaran Think Talk Write diperoleh nilai rata-rata 89,9 pada kategori “Sangat Baik”. Sedangkan karakter siswa diperoleh nilai rata-rata70,83 pada kategori “Baik”. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan diperoleh hasil thitung 8,33 > ttabel 11,1 berarti hipotesis diterima. Artinya penggunaan model pembelajaran Think Talk Write terhadap karakter siswa Kelas X Di Desa Mombang Boru Kecamatan Marancar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

BIOESA

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

JURNAL EDUGENESIS merupakan jurnal elektronik nasional yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA) Institut Pendidikan Tapanuli Selatan (IPTS) dengan tujuan sebagai sarana publikasi hasil penelitian original yang terkait ...