Jurnal Edugenesis
Vol 4 No 2 (2021): Vol 4 No 2 Desember 2021

ANALISIS KEJENUHAN BELAJAR SISWA ANALISIS KEJENUHAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 1 ULU BARUMUN

Rizky Amelia HSB (ipts)
Perima Simbolon (Unknown)
Nurul Husna Siregar (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2021

Abstract

Abstrak: Kebijakan pembelajaran daring selama pandemi COVID-19 menjadi solusi utama agar proses pembelajaran tetap dapat berlangsung. Namun dalam pelaksanaannya terdapat kendala dan kekurangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kejenuhan belajar siswa dalam pembelajaran daring pada pandemi COVID-19 di SMA Negeri 1 Ulu Barumun. Penelitian ini telah dilaksanakan di SMA Negeri 1 Ulu Barumun, Jl, Lints Sibuhuan-Sosopan Km. 4, Desa Matondang, Kecamatan Ulu Barumun, Kabupaten Padang Lawas. Waktu penelitian ini bulan April sampai dengan Mei 2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Informan penelitian ini siswa kelas XI IPA-4 SMA Negeri 1 Ulu Barumun dan guru biologi SMA Negeri 1 Ulu Barumun. Teknik pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan angket. Hasil penelitin diperoleh diperoleh data yang lengkap dari hasil wawancara dan angket. Aspek kelelahan emosi diperoleh hasil 56, 8% dengan kategori sedang. Aspek kelelahan fisik diperoleh hasil 52, 8% dengan kategori sedang.aspek kelelahan kognitif diperoleh hasil 87, 2% dengan kategori tinggi. Dan aspek kehilangan otivasi diperoleh hasil 57, 6% dengan kategori sedang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mengalami kejenuhan belajar siswa yaitu yang disebabkan kelelahan emosi, kelelahan fisik, kelelahan kognitif dan kehilangan motivasi. Kata Kunci : Kejenuhan, Pembelajaran Daring, COVID-19

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

BIOESA

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

JURNAL EDUGENESIS merupakan jurnal elektronik nasional yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA) Institut Pendidikan Tapanuli Selatan (IPTS) dengan tujuan sebagai sarana publikasi hasil penelitian original yang terkait ...