Jurnal Edugenesis
Vol 5 No 2 (2022): Vol. 5 No. 2 Desember 2022

DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF DARING PADA PELAJARAN BIOLOGI SISWA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMA NEGERI 1 PANYABUNGAN

Riska Hasbiah Lubis (IPTS TAPSEL)
Nabilah Siregar (Unknown)
Perima Simbolon (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2022

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertajuan mengetahui dampak positif dan negatif pembelajaran daring pada materi biologi pencemaran lingkungan di SMA Negeri 1 Panyabungan. Jenis penelitian adalah penelitian Kualitatif dengan informan penelitian 25 orang siswa, guru mata pelajaran biologi dan kepala sekolah. Tehnik pengumpulan data melalui wawancara dan angket. Analisa dilakukan dengan reduksi data, display data, triangulasi dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil berupa hasil angket dan wawancara. Hasil angket dampak positif pembelajaran daring pada materi pencemaran lingkungan diperoleh nilai 75,35 kategori “Tingg?” hasil angket dampak negatif pembelajaran daring pada materi pencemaran lingkungan diperoleh nilai 69,5 kategori “Cukup”. Dampak positif pembelajaran adalah pembelajaran daring dapat diakses dimana saja, pembelajaran dapat dilakukan lebih santai, lebih variatif dan mengeksplorasi teknologi. Dampak negatif dalam pembelajaran adalah kegiatan pembelajaran menjadi kurang efektif, tugas sekolah menumpuk, terkendala dengan jaringan. Kata Kunci : Dampak Positif dan Negatif Pembelajaran Daring, Pencemaran Lingkungan

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

BIOESA

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

JURNAL EDUGENESIS merupakan jurnal elektronik nasional yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA) Institut Pendidikan Tapanuli Selatan (IPTS) dengan tujuan sebagai sarana publikasi hasil penelitian original yang terkait ...