JPK (Jurnal Pendidikan Khusus)
Vol 18, No 2 (2022): Jurnal Pendidikan Khusus

Kesiapan guru dalam penyelenggaran kelas inklusi di MI NW Lendang Penyonggok, Lombok

Wardany, Ossy Firstanti (Unknown)
Ulfa, Dwi Arnia (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2023

Abstract

Kesiapan guru adalah poin kunci dalam keberhasilan pendidikan inklusi. Mengetahui kesiapan guru sebelum inklusi diimplementasikan merupakan hal penting. Penelitian bertujuan mengetahui kesiapan guru dalam implementasi pendidikan inklusi di Madrasah Ibtidaiyah NW Lendang Penyonggok, Lombok. Metode penelitian adalah deskriptif kuantitatif berjenis survei. Subjek penelitian adalah 8 orang guru di sekolah tersebut. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan Google Form. Kuesioner terdiri atas 5 aspek, terdiri dari 2 pertanyaan tertutup, dan 39 pernyataan dengan skala likert. Hasil penelitian menemukan bahwa sebagian besar guru memiliki latar kependidikan, pernah mempelajari ABK dan inklusi secara umum, tetapi belum memiliki keterampilan dan pengalaman dalam menangani ABK. Kedua, guru memiliki sikap yang positif terhadap penyelenggaraan inklusi, mengaku siap melaksanakan inklusi, tetapi khawatir dengan kompetensi yang dimiliki serta pelaksanaan pembelajaran ABK di kelas inklusi. Terakhir, guru telah mampu memproyeksikan permasalahan dan merumuskan kebutuhan mereka dalam pelaksanaan inklusi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa guru siap dalam melaksanakan pendidikan inklusi. Namun, pelatihan sangat diperlukan agar guru dapat memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam pembelajaran ABK di kelas inklusi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpk

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) is a multidisciplinary publication presenting primary research and scholarly reviews related to special education. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) provides research articles and scholarly reviews on special education for individuals with mild to severe disabilities. The ...