JURNAL EMBA : JURNAL RISET EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI
Vol. 11 No. 1 (2023): JE. Vol 11 No 1 (2023)

Pengaruh Kualitas Pelayanan, Inovasi Produk, dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Strabucks Drive Thru Kawasan Megamas Manado

Kesya Waha (Universitas Sam Ratulangi)
Paulus Kindangen (Unknown)
Rudy Wenas (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2023

Abstract

Kualitas pelayanan, inovasi produk, dan store atmosphere merupakan faktor penting yang berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan karena faktor tersebut dapat menimbulkan rasa nyaman maupun tidak nyaman bagi pelanggan. Konsumen cenderung merasa puas ketika dapat dilayani dengan baik, merasakan kemudahan dalam berbelanja, dan tempat yang nyaman atau gampang dikunjungi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, inovasi produk, dan store atmosphere terhadap kepuasan pelanggan pada Starbucks drive thru kawasan Megamas Manado baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan drive thru Starbucks kawasan Megamas Manado. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden dengan menggunakan purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, uji t dan F, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, inovasi produk tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, store atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kualitas pelayanan, inovasi produk, dan store atmosphere secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada Starbucks drive thru kawasan Megamas Manado.   Kata Kunci: kualitas pelayanan, inovasi produk, store atmosphere, kepuasan pelanggan

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

emba

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal EMBA merupakan terbitan berkala sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan dibidang ekonomi. Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univeristas Sam Ratulangi Manado. Jurnal ini diterbitkan 4 kali setahun, sejak tahun 2012. Setiap artikel direview oleh ...