Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis permulaan siswa kelas 1 SD Negeri 3 Sulahan, Desa Sulahan, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan objek yang digunakan adalah siswa kelas 1 SD yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa analisis kemampuan menulis permulaan siswa kelas 1 SD Negeri 3 Sulahan, Desa Sulahan, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli didapatkan bahwa dari 28 siswa ada 12 (42,86%) siswa berkategori Sangat Baik, 13 (46,43%) siswa dengan kategori Baik, dan 3 (10,71%) siswa berkategori Cukup Baik. Beberapa siswa dalam keterampilan menulisnya masih kurang sesuai dengan penulisan huruf alfabet di dalam PUEBI, karena adanya beberapa faktor yang mempengaruhi keterampilan menulis anak. Kemampuan menulis permulaan siswa kelas I SD Negeri 3 Sulahan, Desa Sulahan, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli berada pada kategori Baik dengan persentase 75,43.
Copyrights © 2022