Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya penerapan pembelajaran inkuiri meningkatkan kemampuan memahami unsur intrinsik cerpen, serta untuk mengetahui langkah-langkah yang tepat dalam menerapkan metode inkuiri untuk meningkatkan kemampuan memahami unsur intrinsic cerpen pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 3 Rendang tahun pelajaran 2013/2014.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, dan mengumpulkan data. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VIII B SMP Negeri 3 Rendang tahun pelajaran 2013/2014 dalam memahami unsur intrinsik cerpen. Dapat dilihat dari rata-rata kelas tiap siklusnya sudah mengalami peningkatan dari tes awal nilai rata-rata yang diperoleh siswa 4,04. Pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 5,12, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata menjadi 5,88 dan pada siklus III telah mengalami peningkatan yang lebih baik dengan nilai rata-rata siswa adalah 7,48. Adapun langkah-langkah pembelajaran yang diterapkan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami unsur intrinsik cerpen, yaitu: (a) memberikan apersepsi, (b) menjelaskan pokok-pokok kegiatan, (c) menjelaskan topik, tujuan dan hasil belajar, (e) membagikan cerpen, (f) merumuskan masalah, (g) merumuskan hipotesis, (h) mengumpulkan data, (i) menguji hipotesis, (j) merumuskan kesimpulan, (k) merefleksi, (l) menutup pelajaran. Jadi, dapat disarankan agar guru hendaknya menerapkan strategi pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan kemampuan memahami unsur intrinsik cerpen.
Copyrights © 2019