Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 7, No 1 (2023)

Media Interaktif Augmented Reality untuk Peningkatan Kemampuan Financial Literacy Anak Usia Dini

Khairi Murdy (Pendidikan Ekonomi, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan ‘Aisyiyah Riau)
Nopa Wilyanita (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan ‘Aisyiyah Riau)



Article Info

Publish Date
11 Jan 2023

Abstract

Financial Literacy merupakan literasi yang penting untuk diperkenalkan dan ditanamkan kepada anak sejak dini. Penelitian ini dilakukan untuk melihat dan meningkatkan kemampuan Financial Literacy anak usia dini dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR). Untuk mengembangkan media pembelajaran ini penelitian ini menggunakan penelitian Research Development (RD) dari Sivasailam Thiagarajan yang disebut 4-D yaitu Define, Design, Develop dan Dissemination. Subjek penelitian siswa TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) Pekanbaru. Hasil penelitian adalah tersusunnya media pembelajaran berbasis AR. Media AR ini dapat digunakan dengan mudah dan tidak membutuhkan biaya yang besar bagi guru untuk membuatnya. Adanya penggunaan QR juga memudahkan guru dan siswa dalam memanfaatkan media AR dalam pengenalan Financial Literacy. Penggunaan media juga berpengaruh terhadap peningkatan Financial Literacy anak usia dini, hal ini terlihat dari hasil eksperimen One Group Pretest-Posttest dari hasil uji Uji Wilcoxon yang menunjukkan nilai Asymp. Sig 0.000 0.05 artinya terdapat peningkatan kemampuan literasi finansial siswa dengan menggunakan media AR.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...