ABSTRAK PKn merupakan mata pelajaran diwajibkan untuk jenjang pendidikan dasar, menengah dan mata kuliah wajib untuk pendidikan tinggi.Hasil ulangan harian PKn di kelas VI SD Negeri 121 Palembang hanya mencapai rata- rata 59,30 dan hanya 44,44% peserta didik mencapai nilai 65. Kondisi tersebut disebabkan oleh kenyataan sehari-hari yang menunjukkan bahwa peserta didik kelihatannya jenuh mengikuti pelajaran PKn. Pembelajaran sehari-hari menggunakan metode ceramah dan latihan-latihan soal secara individual, dan tidak ada interaksi antar peserta didik yang pandai, sedang, dan normal.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui model pembelajaran Learning Together dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada peserta didik kelas VI SD Negeri 121 Palembang ?. Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PKn peserta didik kelas VI SD Negeri 121 Palembang melalui model pembelajaran Learning Together.Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VI SD Negeri 121 Palembang yang berjumlah 27 peserta didik. Penelitian ini akan dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan April 2017.Penerapan model pembelajaran Learning Together mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik yang ditunjukan dengan rata-rata jawaban peserta didik yang menyatakan bahwa peserta didik tertarik dan berminat dengan model pembelajaran learning together sehingga mereka menjadi termotivasi untuk belajar.Ketuntasan belajar meningkat dari pra siklus, siklus I ke siklus II yaitu masing-masing 44,44%, 74,07% dan 92,59% Pada siklus II ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai dan mengalami peningkatan yang baik. Kata Kunci: Hasil Belajar,PKn, Learning Together
Copyrights © 2022