Penelitian ini ditujukan untuk menggambarkan upaya-upaya yang dapat dilakukan guru dalam membangun minat siswa terhadap pembelajaran IPS. Mengingat pembelajaran IPS terutama di sekolah dasar masih menggunakan metode dan media yang konvensional. Hal ini membuat pembelajaran IPS kurang diminati oleh siswa, hingga siswa merasa cepat bosan. Peneliti melalui studi literatur mengkaji beberapa sumber yang relevan seperti artikel ilmiah dari jurnal yang valid. Hasil penelitian ini menggambarkan ada beberapa upaya yang dapat dilakukan guru agar siswa tertarik dengan pembelajaran IPS. Pengembangan media pembelajaran yang digunakan seperti pemanfaatan digitalisasi, pengembangan media video, pemanfaatan permainan dan pengembangan metode pembelajaran seperti metode bermain peran dan mind mapping merupakan hasil kajian dari peneliti. Perkembangan teknologi yang semakin pesat harus dimanfaatkan guru untuk menciptakan pembelajaran yang efektif. Guru juga harus kreatif dan inovatif dalam mengembangkan media dan metode pembelajaran IPSnya. Akan tetapi berbagai upaya tersebut harus mempertimbangkan dari segi materi yang akan diajarkan dan gaya belajar siswa
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023