Penelitian ini dilatarbelakangi karena banyaknya siswa yang mengeluhkan pelajaran matematika itu sulit sehingga mengakibatkan hasil belajar yang rendah. Hal ini disebabkan minat belajar siswa yang masih rendah. Maka dari itu peneliti tertarik untuk meneliti tentang pengaruh minat terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kuantitatif-korelatif, yang dilaksanakan di SDN 10 Sapiran. Penelitian ini dilaksanakan di semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu metode angket untuk mencari data minat belajar (X) dan metode tes untuk memperoleh data hasil belajar siswa (Y), yang mana tes tersebut berbentuk latihan soal pada materi kecepatan dan debit. Penelitian ini diikuti oleh 24 siswa kelas VA SDN 10 Sapiran sebagai sampel. Teknik analisis data menggunakan analisis linear sederhana. Hasil penelitian ini diperoleh hasil regresi sederhana dengan persamaannya dengan tingkat kesalahan dalam memprediksi sebesar serta nilai t-hitung dengan signifikansi sebesar yang berarti lebih kecil dari . Nilai koefisien korelasi sederhana sebesar dan nilai r product moment diperoleh , dan nilai R Square (koefisien determinasi) . Maka dapat disimpulkan bahwa variabel bebas hanya mampu mendeskripsikan variabel terikat sebesar sedangkan sisanya yaitu dideskripsikan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara minat belajar (variabel bebas) dengan hasil belajar matematika siswa (variabel terikat).
Copyrights © 2023