MADROSATUNA : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol 5 No 2 (2022)

Optimalisasi Gerakan Literasi Terhadap Minat Baca Siswa Sekolah Dasar

Nanda Arumi Handayani (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Tangerang Selatan, Indonesia)
Lu’luil Maknun (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Tangerang Selatan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya atensi baca warga Indonesia yang termasuk pula siswa pada jenjang sekolah dasar. Atensi baca para siswa yang terkategori rendah di Indonesia membuat pemerintah mengadakan program gerakan literasi sekolah yang telah diawali semenjak tahun 2016. penelitian ini memiliki tujuan yaitu membagikan cerminan tentang optimalisasi serta proses aktivitas gerakan literasi sekolah terhadap atensi baca siswa. metode yang digunakan pada riset ini merupakan metode kualitatif deskriptif. Subjek pada riset ini merupakan siswa di jenjang sekolah dasar. Metode pengumpulan informasi memakai metode observasi literatur ilmiah. Literatur yang digunakan ialah buku-buku , dan jurnal- jurnal baik nasional ataupun internasional yang terpaut dengan topik ulasan. Analisis data berupa analisis data deskriptif. Hasil penelitian memberitahukan bahwa peningkatan budaya senang membaca harus selalu dilakukan demi terwujudnya masa depan yang cerah bagi bangsa Indonesia. Kunci utama demi terwujudnya cita-cita tersebut adalah dengan membentuk generasi penerus bangsa yang gemilang, kaya akan ilmu pengetahuan sebagai hasil dari penerapan budaya gemar membaca. Oleh karena itu, optimalisasi kegiatan literasi sangat penting dilakukan di lembaga-lembaga pendidikan Indonesia, terutama pada peserta didik jenjang sekolah dasar dengan tujuan penanaman kesadaran sejak dini dalam mengembangkan minat baca sebagai kebutuhan untuk kehidupan di masa depan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

madrosatuna

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal MADROSATUNA adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel asli tentang pengetahuan terbaru, penelitian, atau penelitian dan pengembangan terapan lainnya di bidang pendidikan guru madrasah ibtidaiyah. Sejak 2018 jurnal ini telah diterbitkan secara teratur dua kali setahun (Juli dan Desember). ...