Responsive: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi, Sosial, Humaniora dan Kebijakan Publik
Vol 5, No 3 (2022): Responsive: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi, Sosial, Humaniora Dan

KEPUASAN KERJA PEGAWAI DI MASA KETIDAKPASTIAN (Studi Kasus: Perusahaan Minyak dan Gas Bumi)

Fatimah Malini Lubis (Politeknik LP3I Jakarta, Administrasi Bisnis, Jakarta, Indonesia)
Ita Soegiarto (Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Jakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
16 Jan 2023

Abstract

Dunia sedang menghadapi era revolusi industri 4.0 dan perkembangan teknologi yang semakin cepat. Di tengah kondisi yang sedang berubah, hampir semua bidang menjadi tidak dapat diprediksi. Salah satunya adalah masa ketidakpastian terhadap kondisi keberlangsungan sebuah perusahaan yang memberikan dampak terhadap pergeseran kepuasan kerja pegawai. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan fenomena perubahan kepuasan kerja pegawai dalam bidang perusahaan minyak dan gas bumi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif studi kasus. Pendekatan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Instrumen penelitian yang dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan teknik triangulasi. Informan dalam penelitian ini adalah pegawai yang bekerja di salah satu perusahaan minyak dan gas bumi di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan kerja adalah suatu faktor dari seorang pegawai yang dapat dibedakan berdasarkan lamanya bekerja orang tersebut. Simpulan ini ditegaskan berdasarkan reaksi yang ditunjukkan oleh pegawai dalam menghadapi situasi ketidakpastian di perusahaan. Semakin lama masa kerja pegawai maka kepuasan kerjanya lebih mudah untuk diantisipasi oleh perusahaan. The world is facing the era of the industrial revolution 4.0 and increasingly rapid technological developments. Amidst changing conditions, almost all fields become unpredictable. One of them is a period of uncertainty over the condition of the sustainability of a company which has an impact on shifts in employee job satisfaction. This study aims to explain the phenomenon of changes in employee job satisfaction in the field of oil and gas companies. The method used in this research is a qualitative case study method. The approach to this study is qualitative with a case study type of research. The research instrument was conducted through interviews, observation and documentation. Data analysis used descriptive analysis with triangulation techniques. Informants in this study are employees who work in one of the oil and gas companies in Indonesia. The results showed that job satisfaction is a factor of an employee that can be differentiated based on the length of time the person has worked. This conclusion is confirmed based on the reactions shown by employees in facing uncertain situations in the company. The longer the employee works, the easier to maintain job satisfaction by the company.

Copyrights © 2022